Selasa, 26 Juni 2012

PERTEMUAN GUBERNUR PROVINSI JAWA TIMUR DENGAN PAGUYUBAN WARGA STRENKALI SURABAYA DAN UPC


HASIL PERTEMUAN
PWSS DENGAN GUBERNUR JAWA TIMUR SOEKARWO
Jumat, 15 Juni 2012 pukul. 14.00-17.00 di kantor Gubernur Jawa Timur

Pertemuan dihadiri oleh perwakilan PWSS yaitu: Gatot Subroto, Hartini, Ishermini (Bu Joko), Kholil, Murjito, Muin, Nunuk Mihartini, Ni Nyoman Sariani (Bu Komang), Noer Rofiah (Bu Darman),  Said, Sumiyati (Bu Sukir), Waluyo, Warsito, Yuni.. UPC: Dodo, Edi Saidi, Wardah Hafidz

Propinsi Jawa Timur: Gubernur Soekarwo (Pakde Karwo), Dinas PU Cipta karya Jawa Timur, Dinas pengairan Jawa Timur, Perum Jasa Tirta, Balai Besar Sungai Brantas

Proses dan hasil pertemuan

  1. Pertemuan diawali oleh pakde Karwo yang menyampaikan bahwa pertemuan dilakukan untuk mencari solusi yang terbaik, Kemudian pakde Karwo mengenalkan beberapa dinas yang hadir, yaitu  dinas pengairan, dinas PU Cipta karya, Perum Jasa Tirta dan Balai besar sungai brantas.

  1. PWSS mempresentasikan konsep jogokali yang disampaikan oleh Murjito. Presentasi memberikan gambaran pada Gubernur bahwa permukiman strenkali sudah memiliki Perda dan kajian teknis yang menyimpulkan bahwa sungai merupakan satu kesatauan ekosistem antara sungai, flora, fauna, pemukiman dan warga. Warga strenkali sudah menata permukiman konsep jogokali dengan cara memotong rumah menghadap sungai, membuat jalan inspeksi, penghijauan dan pengolahan limbah.pengelolaan sampah, Sampai saat ini sudah ada 60 rumah contoh yang dibangun. Bekerjasama dengan kementerian sosial RI mengelola dana KUBE 21 kelompok dengan anggota 270 orang. Harapan dan usulan warga strenkali adalah :
1)      Menimbang upaya dan sumbangan kampung-kampung stren untuk  penataan dan  pengelolaan kota Surabaya yang berkeadilan sosial, kampung-kampung stren harus tidak digusur tetapi di tata dengan konsep jogokali
2)      Mengundang Pak De Karwo berkunjung ke setren kali dan berdialog dengan warga
3)      Legalisasi status tanah dalam bentuk sertifikat komunal (bersama)

  1. Pakde Karwo setuju dengan usulan (1) permukiman strenkali TIDAK DIGUSUR TAPI DITATA. Usulan (2) pakde karwo bersedia berkunjung ke strenkali, Sedangkan usulan (3) soal sertifikasi tanah komunal Pemprov akan berkoordinasi dengan BPN. Jika ada masalah di lapangan, Pakde Karwo akan berkoordinasi dengan kementerian terkait dan DPRD untuk mencari pemecahan.

  1. Selanjutnya, Pakde Karwo meminta tim dinas teknis propinsi (Dinas PU Cipta karya, Dinas pengairan, Perum Jasa Tirta dan Balai besar sungai brantas) duduk bersama  PWSS dan UPC untuk mendata kegiatan apa saja yang akan dilakukan ke depan dikawasan sepadan sungai. 

  1. Rencana tindak lanjut: 
1)      Propinsi akan mendukung program penataan strenkali lewat beberapa program Pemprov seperti bedah rumah, pavingisasi, penghijauan, pengolahan limbah
2)      Dinas teknis meminta data warga strenkali untuk keperluan perencanaan program yang akan dilakukan di strenkali
3)      Dinas teknis pemerintah propinsi akan berkunjung ke strenkali untuk mengecek lokasi/kawasan strenkali bersama warga (waktu akan dikoordinasikan dengan pwss).
4)      Akan dilakukan pertemuan kelanjutan pada 28 atau 29 Juni 2012 dengan semua pihak terkait untuk membahas hasil kunjungan lapangan dan rencana program ke depan.
 
Notulis
tim PWSS dan UPC


Tidak ada komentar:

Posting Komentar